Monday 14 May 2012

TOEFL 3


TOEFL BAGIAN 3
SECTION 2 : STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION
PAPER BASED TOEFL ( PBT )

Tanya   : Berapa jumlah soal yang ada dalam section 2.
               Structure And Written Expression?

Jawab   : Jumlah soal dalam Section 2 adalah 40 soal, 15 soal  pertama (no 1 s/d 15 ) adalah  model incomplete sentence. Dalam model pertanyaan ini, Anda diharuskan memilih satu jawaban yang paling Anda anggap benar diantara 4 jawaban yang disediakan. Sedangkan 25 soal berikutnya (16 s/d 40) adalah underlined words, dimana Anda diharuskan dapat mengidentifikasi bagian mana yang secara gramatika salah diantara 4 kata atau frasa yang digarisbawahi.

Tanya  : Berapa waktu yang disediakan untuk menyelesaikan Sectoin 2 ini?
Jawab  : Waktu yang disediakan adlah 25 menit atau rata-rata 37,5 detik per soal.Jadi dalam section ini. Anda dituntut menjawab setiap soal dengan sangat cepat tapi tetap dengan ketelitian tinggi.

Tanya  : Seperti apakah bentuk soal model incomplete sentence?
Jawab  : Soal model incomplete sentence akan terlihat seperti ini.

What is known as the Homestead Act of 1862 granted those who ventured westward _________
(A)  to receive needed and desired land
(B)   the land they both needed and desired
(C)   needing and desiring
(D)  where they most needed and desired land

Jika Anda memilih B maka Anda harus menghitamkan pilihan jawaban B yang ada di lembar jawaban .

Tanya  : Seperti apakah bentuk soal model underlined words?
Jawab  : Soal model underlined words akan terlihat seperti ini

The Master Golf Tournament, on of four tournaments which make up gofl’s
                                                                         A                          B
Grand Slam are held each spring in Augusta, Georgia.
                      C                             D
Jika memilih jawaban C sebagai bagian kalimat yang salah maka Anda harus menghitamkan pilihan jawaban C yang ada di lembar jawaban.

Tanya  : Strategi apa saja yang dapat digunakan ketika menjawab soal model incomplete sentence?
Jawab   : Ketika menjawab soal-soal model incomplete sentences perhatikan strategi-strategi di bawah ini :
  • Jika Anda tidak menemukan main verb, maka identifikasi terlebih dulu “subject” kalimat tersebut. Setelah itu Anda bisa mengeliminasi beberapa pilihan jawaban yang tidak berkaitan dengan verb. Dari beberapa kemungkinan pilihan verb cari yang agree (sepakat) dengan subjectnya dalam hal number singular atau plural dan tenses-nya.
  • Jika tidak ada main subject,maka identifikasi terlebih dulu ”verb”dari kalimat tersebut. Setelah itu Anda bisa mengeliminasi beberapa pilihan jawaban yang tidak berkaitan dengansubjek kalimat . Kemudian dari beberapa kemungkinan pilihan subjek cari yang agree dengan verb-nya.
  • Perhatikan apakah ada pronoun yang hilang dalam kalimat soal.
  • Perhatikan apakah ada extra pronoun dalam kalimat. Double subject seringkali terjadi dlam kalimat panjang.
  • Hati-hati dengan penggunaan noun sebagai verb.Ingat banyak noun dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan sebagai kata kerja (verb). Misalnya table bisa berarti bench (noun) digunakan sebagai kata kerja (verb) bisa juga berarti to propose (verb)
  • Perhatikan  penggunaan adjective dan adverb. Atau penggunaan  noun sebagai adjective
  • Perhatikan permasalahan parallelism.. Item yang berurutan harus sama bentuk grammatikanya. Biasanaya bentuk ini dipisahkan dengan koma.
  • Jika Anda mengidentifikasi adanya kuantitas countable noun ( kata benda yang bisa dihitung) dalam kalimat, maka penggunaan kata-kata seperti much, amount, atau less adalah salah.
  • Jika Anda mengidentifikasi adanya kuantitas non count noun ( kata benda yang tidak bisa dihitung ) dalam kalimat,maka menggunakan kata-kata seperti fewer, many, atau angka adalah salah.
  • Jika membandingkan duabenda atau item, dengan makna ” lebih” gunakan –er atau more. Misalnya shorter,more beautiful.
  • Jika membandingkan tiga atau lebih benda atau item, dan dengan makna ”paling”, gunakan  est atau the most.Misalnya , the shortest the most beautiful.
  • Sama halnya dalam menjawab soal model incomplete sentence, lebih khusus perhatikan: Penggunaan part of speech (noun, adjective, dll) dalamkalimat Agreement of person (misalnya, she is bukan she are, they are bukan they is) Agreement of number ( misalnya many moons bukan many moon,one book bukan one books) Agreement of tense (misalnya I saw it yesterday bukan I see it yesterday) Word order (susunan kata) misalnya beautiful girl bukan girl beautiful.

Tanya  : Problem gramatikal apa saja yang harus dikuasai agar dapat mencapai skor grammar TOEFL  yang tinggi?
Jawab  : Berikut ini adalah beberapa bentuk gramatika bahasa Inggris yang harus Anda kuasai agar dapat memperoleh skor grammar TOEFL yang tinggi

1. Adjective
Contoh
Adjective adalah
Quick, happy, fast, funny, pretty,  red, blue, white, yellow, big, little
  • A funny friend
  • A big house
Adjective adalah
Sebuah kata yang memodifikasi  (atau menggambarkan) sebuah noun (kata benda)
Adjective sifatnya OPTIONAL dalam kalimat dengan kata lain adjective tidak harus ada dalam sebuah kalimat jadi kita bisa membuat kalimat dengan tanpa satupun adjective di dalamnya atau sebaliknya kita bisanenbuat sebuah kalimat dengan jutaan adjective!

Dibawah ini untuk membuktikan teori ini:

Statement  : I feel very good today
Arti            : I feel very goodtoday
Diskusi      : Mudah, kan? Tentu saja,karena kalimat ini sangat normal bagi kita, bagi otak   kita, dan bagi bahasa kita

Okay, sekarang perhatikan yang lebih kompleks
Statement   : I feel better today than I felt yesterday
Arti             :  My mood today > My mood yesterday. Atau, today is good; yesterday was not good
Diskusi       : Masih mudah,kan? Benar, kita hanya membandingkan dua moods untuk dua hari – the mood for today is better than that of yesterday. Sejauh ini tidak ada yang sulit,kan?

Statement  : Today I could feel better.
Arti           : Today  my mood is not perfect (tidak  begitu bagus), karena mungkin yang sebelumnya masih lebih baik.
Diskusi    : Agak sulit dipahami, kan? Tapi jika Anda memahami apa maksud dari kalimat “I could feel better”, maka  Anda tak akan lagi kesulitan engan pernyataan ini!Ingat bahwa modals ” could ” seringkali digunakan untuk mengekspresikan ide bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu, walaupun Anda belum mengerjakannya

Statement  : Today I could not feel perfect
Arti            :  Today I feel perfect
Diskusi      : Tak ada lagi ruang untuk mengembangkan, Mendapatkan “a better mood” adalah  tidak lagi mungkin. Oleh karena itu “Today my mood is perfect. Therefore,I could not feel better today.

Penjelasan
Kunci untuk memahami pernyataan ini adalah ketika Anda mendengar pernyataan seperti “I could not feel better,” atau “I could not feel worse,” berarti bahwa seseorang sudah berada di suatu  batas akhir batas minimumatau maximum
Jadi jika dikatakan bahwa I could not feel better, itu berarti I’m feeling  “perfect” (sangat sempurna dan bagus)
Dan jika Anda katakanlah terserang flu,krhilangan pekerjaan, dan digigit anjing lagi, maka Anda bias mengatakan “I could not feel worse,” bahwa Anda merasa keadaan sekarang sudah sangat buruk atau  berarti bahwa Anda sudah berada dalam suatu batas minimum
Ingat, jika Anda sudah ada di dasar berarti Anda tidak bias lagi masuk lebih ke bawah Dan jika Anda sudah ada  di batas atas, Anda tak bias naik lebih tinggi lagi

Tanya  : Ketika saya tidak mengetahui atau tidak bias mengidentifikasi jawaban yang benar, apa yang harus saya lakukan?
Jawab   : kalau tidak bias menjawab suatu  soal, maka tebak saja. Walaupun demikian, usahakan terlebih dulu untuk mengeliminasi beberapa pilihan jawaban yang Anda yakin salah guna meningkatkan probabilitas mendapatkan jawaban yang benar. Selesai menjawab, jangan terlalu memikirkan tentang soal tersebut; karena jika Anda masih terus memikirkannya, Anda akan menemui kesulitan untuk menjawab pertanyaan berikutnya. Ingat waktu Anda sangat terbatas

No comments:

Post a Comment