Sunday 15 September 2013

Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil



Setiap orang tentunya menginginkan bisnisnya berkembang. Salah satu kunci agar bisnis bisa berkembang adalah disiplin dalam mengelola keuangan. Beberapa tips yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut:
Menghitung dan membayar gaji usahawan sendiri
Saat seorang usahawan melakukan bisnisnya sendiri atau memimpin operasionalnya sendiri, maka selayaknya masalah gaji ditentukan, baik dalam jumlah tetap atau dihitung atas dasar komisi dari omset bisnis. Sehingga keuangan bisnis lebih aman karena terlindungi.
Investasikan keungungan
Sisihkan beberapa persen dari keuntungan untuk peningkatan stok bahan baku dan kapasitas produksi. ini sangat penting untuk menjamin dan meningkatkan omset produksi sejalan dengan strategi pemasaran yang meningkatkan nilai penjualan.
Bagi laba bersih untuk kemajuan, umumnya sebagai berikut :
  • 30% untuk peningkatan  modal kerja
  • 30%  untuk simpanan modal tambahan
  • 30% untuk investasi dalam hal penambahan alat kerja dan  peningkatan kinerja
  • 10% untuk usahawan dan karyawan sebagai bonus.
Bijaksana terhadap keuangan
Saat kepentingan pribadi membutuhkan keuangan, maka batasi hanya sampai gaji dan tabungan pribadi yang digunakan, jangan pernah melirik pada keuangan usaha atau bisnis kecil yang sedang dijalankan. Jika masih kurang tempuh cara lain dengan tetap tidak menyentuh keuangan usaha.
Disiplin Yang Tinggi
Semua usaha yang berhasil maju dan mampu berkembang merupakan buah dari sikap disiplin seorang usahawannya. Ingat bisnis yang dibangun tentu dengan pengorbanan yang besar, namun seorang usahawan hanya cukup membayarnya dengan disiplin terhadap keuangan perusahaan.
 Konsisten menjalankan dan menjaganya sudah merupakan sebuah kesuksesan 50%.
Jika dengan tips ini dapat mewujudkan kesuksesan seorang usahawan dalam bisnisnya, jangan lupa untuk berbagi kepada pekerjanya, serta memiliki keinginan bersedekah untuk yang kurang beruntung. Ingat, kikir tidak pasti membawa kepada kesuksesan, serta berbagi dengan sesama tidak ada dasar sampai hari ini membangkrutkan bisnis seorang usahawan. Mengapa? Dengan doa orang lain bisa saja membawa anda ketingkat sukses yang lebih tinggi lagi. Ingat! Apa yang kita tabur pasti kita tuai berlipat ganda.

No comments:

Post a Comment