Monday 14 May 2012

TOEFL 1

Apa TOEFL itu ?
Jawab   : TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language. TOEFL adalah salah satu model tes yang menguji kemampuan atau kopetensi seseorang dalam bahasa Inggris. Selain TOEFL kita juga mengenal tes – tes bahasa Inggris lain seperti IELTS, TOEIC, dan GMAT

Tanya  : Berapa lama waktu yang disediakan untuk mengerjakan TOEFL ?

Jawab : Lihat dalam tebel berikut

Section 1
Listening Comprehension               40 menit                 50 pertanyaan

Section 2
Structure and Written  Expression  25 menit                 40 pertanyaan

Section 3
Reading Comprehension                 55 menit                 60 pertanyaan

TWE (Essay)                                   30 menit                 1 pertanyaan

Tanya          : Bagaimana model pertanyaan dalam TOEFL ?
Jawab          : Semua pertanyaan dalam TOEFL PBT adalah pilihan ganda (Multiple          Choice ). Setiap pertanyaan disediakan empat pilihan jawaban (A,B,C dan D)
                       Sedangkan dalam Computer-based TOEFL sebagian besar adalah multiple choise dan sebagaian yang lain memiliki petunjuk khusus pengisian

Tanya             : Tips-tips apa saja yang bisa saya gunakan untuk mengerjakan TOEFL?

Jawab             : Tips-tips berikut ini dibagi menjadi dua kategori
                          Pertama , tips menjelang pelaksanaan tes. Dan yang kedua, ketika ujian.

Tips sebelum pelaksanaan Tes
  1. Pelajari directions  (petunjuk pengisisn ) sekarang juga. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak lagi disibukkan dengan membaca / mendengarkan directions yang hanya membuang-buang waktu Anda.
  2. Yakin diri Anda bahwa Anda sudah sangat familiar dengan bentuk dan cara pengisian jawaban. Untuk itu, berlatihlah secara berulang ulang!
  3. Belajarlah minimal satu jam sehari selama satu minggu sebelum tes. Sekaligus Anda belajar selama tujuh jam satu hari penuh, karena hasilnya pasti tidak akan memuaskan.
  4. Untuk meningkatkan  kemampuan listening, banyak-banyaklah belajar dengan cara menonton dan mendengarkan film-film berbahasa Inggris atau berita bahasa Inggris. Karena kebanyakan materi listening yang diujikan adalah tentang percakapan sehari-hari.
  5. Untuk meningkatkan kemampuan grammar, Anda harus banyak berlatih dengan buku-buku grammar tingkat advanced atau berlatihlah dengan menjawab soal-soal berkualitas TOEL seperti yang ada di buku ini. Semakin sering Anda berlatih dan beradaptasi dengan soal-soal TOEF, tentunya semakin mudah Anda menjawab pertanyaan –pertanyaan dalam ujian.
  6. Sementara untuk meningkatkan kemampuan reading, bacalah artikel-artikel di koran, majalah dan di internet. Baca topik apasaja, walaupun mungklin Anda tidak begitu menyukainya. Ingat topik dalam TOEFL Reading bisa dalam bidang apa saja.
  7. Dan jika Anda telah melakukan semua ini, maka sebelum mengikuti ujian, tanamkan keyakinan pada diri Anda bahwa Anda akan mampu menjawab semua pertanyaan karena Anda sudah belajar banyak. Ketidakyakinan hanya akan menimbulkan keraguan pada saat menjawab soal


Ketika Tes
  1. Bawa jam tangan untuk mengecek sisa waktu yang tersedia. Tidak ada garasi kalua di ruang tes akan ada jam diding.
  2. Tenang. Pastikan Anda duduk di tempat duduk yang nyaman
  3. Jangan memperhatikan hal-hal lain di dalam ruangan selain pertanyaan dihadapan Anda. Tetap konsentrasi pada pertanyaan.
  4. Jangan mencontek; bahkan sekedar berpikir kearah itu. Karena, selain sangat berbahaya ketika ketahuan pengawas, jika Anda sibuk berpikir bagaimana caranya mencontek atau bagaimana memberi contekan kepada teman, maka Anda akan sulit berkonsentrasi
  5. Ketika Anda menemui suatu soal yang sulit untuk dikerjakan, jangan memaksa menyelesaikan pertanyaan tersebut ini hanya akan mengakibatkan Anda banyak kehilangan waktu dan menyebabkan nervous.
  6. Ada baiknya Anda menjawab terlebih dulu soal-soal yang sekiranya mudah dan tinggalkan dulu pertanyaan yang sekiranya sulit ( tentu hal ini hanya untuk section 2 dan 3 saja ) Ini akan membuat Anda merasa lebih releks dan percaya diri.
  7. Jika masih ada tersisa waktu, ada baiknya Anda mengecek ulang jawaban Anda. Untuk soal-soal yang sulit, kalau tetap tidak bisa mengerjakan, jangan  ragu untukmenebak jawabannya.
  8. Jangan pernah ragu-ragu dengan jawaban Anda Cepat beralih ke pertanyaan berikutnya.Ingat waktu Anda sangat terbatas.
  9. Jangan pernah melamun saat mendengarkan soal-soal listening . Sekali Anda melamun Anda akan sulit menjawab pertanyaan di hadapan Anda.
  10. Jangan pernah menjawab soal-soal listening sebelum soal benar-benar selesai dibacakan.
  11. Selalu baca keempat pilihan jawaban sebelum Anda menjawab.
  12. Ingat 15 nomor pertama masing-masing section adalah sangat PENTING
  13. Selalu perasaan atau feeling Anda jika sudah yakin, jangan lagi ragu karena hal ini hanya akan membuat Anda semakin bingung dan nervous.
  14. Jangan merasa down walaupun Anda tidak yakin atas jawaban-jawaban pada section 1Listening Comprehension. Ingan masih ada 90 soal lagi yang harus Anda selesaikan.
  15. Pahami semua pertanyaan dan pilih jawaban
  16. Sebagian besar orsng menganggap section Reading adalah yang paling mudah. Walaupun demikian berhati-hatilah, jangan membuat kesalahan yang bodoh dalam section ini.
  17. Menurut survey section 2 structure and written expression  adalah yang paling mengecoh.Jangan menganggap remeh section ini walaupun kelihatanmudah.
  18. Jawab semua pertanyaan, jangan pernah mengosongkan lembar jawaban.

Tanya  : Haruskah saya menebak jawaban ketika saya sama sekali tidak mengetahui                    mana jawaban yang benar ?

Jawab   : Tentu, Anda harus menebaknya JANGAN PERNAH  mengosongkan satu jawaban pun.Perlu anda ketahui tebakan Anda kemungkinan 25 % benar,karena ada 4 pilihan jawaban yang tersedia. Kemungkinan benar ini bahkan bisa lebih tinggi lagi dari itu yaitu 50 %, jika Anda tahu bahwa dua dari empat jawaban yang disediakan pasti salah. Jangan kuatir, jawaban salah tidak mengurangi skor Anda.
               Ketika menebak, usahakan selalu menggunakan proses eliminasi, guna meningkatkan prosentasi tingkat kebenaran tebakan Anda.
               Beberapa orang juga menyarankan untuk menebak dengan pilihan yang sama, misalnya (B) atau  (C) semua. Karena dengan cara ini kemungkinan Anda mandapatkan tebakan yang benar akan lebih tinggi daripada jika Anda menggunakan cara random ( acak )

Tanya   : Berapa skor TOEFL yang dikatakan bagus dan kurang bagus ?
Jawab   : Tergantung SKOR TOEFL TERTENTU SERING DIGUNAKAN sebagai syarat kelulusan ( passing grade ) di berbagai perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Umumnya passing grade yang berlaku di perguruan tinggi negeri di Indojesia adalah sebagai berikut:

S1 non S sastra-Bahasa Inggris     : 450/475
S1 Sastra-Bahasa Inggris              : 500/550
S2 non Sastra – Bahasa Inggris     : 475
S2 Sastra – Bahasa Inggris            : 600
S3                                                   : 500/550/600


BAGIAN 2
SECTION 1
LISTENING COMPREHENSION
PAPER-BASED TOEFL ( PBT )
Tanya   : Apa TOEFL Listening itu ?
Jawab   : Tes Listening ditempatkan dalam Section 1 (bagian pertama) dalam TOEFL TEST .Section 1. Listening Comprehension menguji kemampuan dan pemahaman Anda dalam mendengarkan percakapan pendek maupun yang lebih panjang serta presentasi dari seseorang.

Tanya   : Berapa jumlah pertanyaan dalam Section 1, Listening Comprehension ?
Jawab   : Secara total, Section ini meliputi 50 pertanyaan,  dan semua pertanyaan disampaikan secara oral (suara) dan diputar melalui tape recorder. Yang tertulis dalam buku tes hanyalah pilihan-pilihan jawaban (multiple-answers). Anda diharuskan memilih jawaban yang paling benar untuk setiap pertanyaan yang dibicarakan.
Tanya    : Berapa waktu yang disediakan untuk menyelesaikan Section 1. Listening Comprehension?
Jawab    : Anda diberi waktu 40 menit untuk menyelesaikan semua pertanyaan (48 detik per soal) Tetapi sesungguhnya kesempatan Anda untuk berpikir hanya 12 detik persoal,  karena jeda antara satu pertanyaan ke pertanyaan lain hanya 12 detik.
Tanya    : Bagaimana bentuk-bentuk soal dalam section 1 Listening Comprehension?
Jawab    : TOEFL Listening dibagi menjadi tiga bagian (Parts)
A.    Short Conversations (30 pertanyaan0: Anda akan mendengarkan suatu percakapan informal anatara seorang laki-laki dan seorang perempuan. Biasanya setiap orang hanya berbicara sekali.Suara ketiga (laki-laki atau perempuan) kemudian menanyakan pertanyaan tentang percakapan tersebut.

B.     Longer Conversations (umumnya 8 soal) Anda akan mendengarkan dua orang sedang menyampaikan sesuatu (kuliah, penjelasan, dll). Suara kedua akan memberikan 3 sampai  5 pertanyaan tentang pembicarran tersebut A


C.     Talks/lectures (umumnya 12 pertanyaan) Anda akan mendengarkan satu orang (laki-laki atau perempuan) sedang menyampaikan sesuatu (kuliah, penjelasan, dll). Suara kedua akan memberikan 4 sampai  5 pertanyaan untuk setiap apa yang disampaikan tersebut.
Tanya  : Apa yang harus terlebih dulu saya lakukan ketika pertama membuka soal TOEFL Listening
Jawab  : Jangan membaca direction ( arahan cara menjawab )
              Karena hanya akan membuang beberapa menit waktu Anda. Ada baiknya, ketika
Narator membaca direction, Anda membaca dulu ( survey ) pilihan-pilihan jawaban dan mengingat sebanyak-banyaknya. Dengan mensurvey terlebih dulu pilihan jawaban. Anda akan mendapatkan gambaran mengenai apa yang harus Anda dengarkan. Mensurvey pilihan-pilihan jawaban tidak hanya harus dilakukan dalamPart A saja tetapi juga dalamPart B dan Part C
Yang dimaksud dengan mensurvey disini adalah membaca pilihanjawaban dan menentukankira-kira apa yang akan ditanyakan oleh narator
Tanya   : Bisakah Anda memberi contoh bagaimana cara mensurvey pilihan jawaban?
Jawab   : Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menebak kira-kira pertanyaan      dari suatu soal
    1. Jika dalampilihan jawaban terdapat
-          Nama
      Mr. Green, Mrs. White,Dr. Edwar
-          Identikal berdasar aktivitas atau peran
      A tourist, A passenger, A driver
- Identifikasi berdasar kelompok

Business people, Family members, College students
Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasa adalah berkaitan dengan orang
2. Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata semisal
    Architect, Secretary, Office manager, Novelist, Teacher, Reporter

Maka pertanyaan yang  harus Anda antisipasi adalah berkaitan dengan pekerjaan
3.      Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti
Employer employee, Doctor patient, Teacher student, Salesperson customer, Professor pupil, Waiter customer, Lawyer client

Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasi adalah berkaitan dengan hubungan antara pembicara pertama dengan kedua

4.      Jika pada saat mensurvey pilihan jawaban, Anda menemukan bahwa pilihan-pilihan jawaban tersebut menyatakan suatu tempat misalnya

 The train station, The store, The office, on the bus, At the movies

Maka hamper bias dipastikan pertanyaannya adalah berkaitan dengan tempat di mana pembicaraan itu berlangsung

Pertanyaan dari narrator mungkin seperti ini
Where does the conversation most probably take place?
5.      Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti :
12:00 PM, Midnight, Sunday, In January, On February 15st, 1973, In the spring, This week,  Tomorrow, yesterday

Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasi adalah berkaitan kapan suatu peristiwa berlangsung.
6.      Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti
See a movie,  Finish the proposal, Go out for dinner, They will go out for lunch, He should call his office, He was late for  the meeting. By courier, By covering the windows

Maka kemungkinan pertanyaannya adalah berkaitan dengan:
      1. Apada yang akan/harus dilakukan oleh pembicara
      2. Apa yang telah/akan terjadi
      3. Bagaimana sesuatu dilakukan

7.      Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti :
Cost of insurance, Shipping fees, Methods of delivery
Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasi adalah berkaitan dengan topic pembicaraan.

8.      Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti
Afraid, Angry, Bored, Cold, Embarrassed, Happy,  Frustrated, Ill,  Mad, Nervous,  Proud, Sad, Sick,  Thirsty

Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasiadalah berkaitan dengan emosi atau perasaan pembicara

9.      Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti
A taxi is faster than train; He didn’t have a reservation;  He wanted to take a tour; because the presentation was boring; She needs directions to the location;  The train goes directly to Los Angeles.

Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasi adalah berkaitan dengan alas an tentang mengapa sesuatu terjadi/dilakukan

10.  Jika dalam pilihan jawaban terdapat kata-kata seperti
He thinks that it is too long;  She the thinks that he is qualified for the job.

Maka pertanyaan yang harus Anda antisipasi adalh berkaitan dengan opini pembicara tentang sesuatu.

No comments:

Post a Comment