Friday 25 October 2013

Musik Pop Bisa Atasi Rasa Sakit di Tubuh

Sebuah studi dari LloydsPharmacy di Inggris menemukan bahwa mendengarkan musik pop adalah jenis musik paling ampuh untuk mengurangi rasa sakit di tubuh. Sebanyak 41 persen orang mengaku mendengarkan musik bisa meredakan rasa sakit fisik mereka.

Sedikitnya 10 juta masyarakat di Inggris mengalami rasa sakit hampir setiap hari. Rata-rata mereka mengalami rasa sakit di bagian punggung, sakit di leher, radang sendi serta sakit kepala atau migren. Empat dari lima orang dewasa menderita sakit punggung, dan 10 juta orang di Amerika menderita sakit sendi alias encok. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa stres dan rasa gelisah menambah rasa sakit yang diderita.

Ada lima lagu terbaik yang membantu tubuh lebih rileks dan sangat disarankan untuk orang-orang yang kerap merasakan rasa nyeri di tubuh yakni lagu Brigde Over Trouble Water (Simon and Garfunkel), Angels (Robbie Williams), Albatross (Fleetwood Mac), Candle in the Wind (Elton John), dan lagu Easy (The Commodores).

Sebanyak 16 persen orang mengatakan musik klasik, rock atau indie mampu mengurangi rasa sakit di tubuh. Beberapa orang mengatakan mereka mendengarkan musik setiap saat, namun 40 persen orang memilih mendengarkan musik di sore hingga malam hari.

Peneliti dari LloydsPharmacy, Andrew Mawhinney mengatakan banyak cara untuk mengatasi rasa sakit selain dengan obat-obatan.

"Bisa dengan mengganti gaya hidup dengan relaksasi atau latihan fisik. Setelah berbicara dengan banyak orang yang hidup dengan rasa sakit, kita tertarik mempelajari bagaimana musik bisa memberi keuntungan bagi tubuh. Itulah karenanya kita meneliti bagaimana musik bisa mengatasi rasa sakit dan melakukannya sebagai pengobatan kita," tuturnya. (FemaleFirst)

No comments:

Post a Comment